Pertanyaan : Saya punya usaha kecil, hanya saya dan dua karyawan yang mengelola bisnis tersebut. Produk kami juga tidak dapat dijual secara online. Apakah saya masih memerlukan website?

Jawaban: Itu pertanyaan yang bagus. Sebenarnya, ini adalah salah satu pertanyaan paling penting dan paling sering ditanyakan mengenai bisnis di era digital. Namun, sebelum dijawab, mari kita lihat perkembangan internet saat ini.

Tahun 1998, beberapa dekade lalu merupakan awal dari era internet, tidak ada yang bisa menduga bagaimana masa depan e-commerce pada saat itu, tetapi semua setuju bahwa semua tanda menunjukkan bahwa sebagian besar pendapatan bisnis masa depan akan berasal dari transaksi online atau dari transaksi offline yang merupakan hasil dari upaya pemasaran online.

Jadi sebaiknya sebuah bisnis memiliki website, meskipun bisnis kecil dan menjual produk atau layanan yang tidak dapat dijual secara online. Jadi jawaban untuk pertanyaan diatas adalah: Ya, jika kita memiliki bisnis, maka kita harus memiliki sebuah website. Ini tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, jangan terlalu cepat mengabaikan produk yang kita jual sebagai produk yang tidak dapat dijual secara online. Saat ini, sangat sedikit yang tidak bisa dijual melalui internet. Lebih dari 20 juta pembeli sekarang online dan mereka membeli semuanya dari internet, mulai dari buku, komputer, mobil, real estat, pesawat jet, gas alam, dan lain-lain. Jadi kita bisa bayangkan, seseorang pasti akan mengetahui cara menjualnya secara online.

Kita tidak perlu mengerahkan semua upaya kita untuk menjual barang atau produk melalui internet, meskipun jika produknya cocok untuk dijual mudah secara online, kita tentu harus mempertimbangkannya. Poinnya disini adalah bahwa kita setidaknya harus memiliki kehadiran di internet, sehingga pelanggan, calon karyawan, mitra bisnis, dan bahkan investor dapat dengan cepat dan mudah mengetahui lebih banyak tentang bisnis dan produk atau layanan yang kita miliki. Karena saat ini banyak konsumen yang mencari informasi online sebelum melakukan pembelian di toko. Website yang kita miliki bisa jadi memberikan kesempatan pertama yang kita miliki untuk membuat kesan yang baik pada calon pembeli.

Dengan memiliki sebuah website yang telah dirancang dengan baik, usaha kecil kita akan dapat memproyeksikan citra dan profesionalisme perusahaan yang jauh lebih besar. Begitu juga sebaliknya banyak website perusahaan besar yang dirancang asal-asalan dan sulit untuk dinavigasi sehingga mereka benar-benar tidak memiliki profesionalisme dan kredibilitas.

Walaupun kita memiliki usaha kecil, tetapi pada saat memanfaatkan website, maka ukuran tidak menjadi masalah. Tidak peduli jika usaha itu dijalankan oleh satu orang atau perusahaan dengan 10.000 karyawan; jika tidak memiliki website, bisa saja kita kehilangan bisnis karena perusahaan lain yang akan melakukannya.

Sebuah website akan berbicara banyak tentang bisnis yang kita miliki. Ia akan mengatakan, “Hei, lihat, kami menangani bisnis kami dengan sangat serius sehingga kami telah membuat website yang luar biasa ini untuk pelanggan kami!”.

Website merupakan bagian penting dari bisnis kita. Pastikan kita selalu memperlakukannya seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *