7 Alasan Mengapa Usaha Kecil Perlu Website

Era digital telah menemukan cara-cara yang menarik dan revolusioner bagi sebuah usaha kecil untuk memajukan usaha mereka dan dapat bersaing dengan usaha yang lebih besar. Dan semuanya itu dimulai dengan website. Walaupun sederhana namun tetap menarik.

Jika Anda ingin membuat website untuk usaha kecil anda maka itu adalah keputusan yang baik, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menerobos sebuah kelambanan. Kami berharap dapat dapat membantu usaha kecil Anda untuk maju dan sukses. Berikut ini adalah tujuh alasan mengapa anda membutuhkan website untuk usaha kecil anda.

Manfaat website untuk usaha kecil

1. Kredibilitas Bisnis

Sebuah studi pada 2015 yang dilakukan oleh Verisign melaporkan bahwa 84% konsumen percaya bahwa usaha kecil yang memiliki website jauh lebih kredibel daripada usaha kecil yang tidak memiliki website. Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa 65% konsumen menganggap email bermerek perusahaan lebih kredibel daripada akun email umum seperti Gmail, Outlook.com, AOL, atau Yahoo mail.

Dengan kata lain, jika semua pesaing anda memiliki website dan bisnis anda tidak, menurut anda siapa yang lebih kredibel?

2. Pencapaian Bisnis

Penelitian yang sama oleh Verisign juga melaporkan bahwa 9 dari 10 konsumen tergantung pada internet untuk mencari dan mengevaluasi barang dan jasa lokal. Dengan adanya kebiasaan online dari konsumen membuat sulit untuk memahami mengapa 46% dari bisnis kecil tidak memiliki situs web. Tetapi untuk 54% yang telah mengembangkan website, mereka mendapatkan keuntungan dari keuntungan yang jelas karena lebih mudah untuk ditemukan secara online.

Pada survei tahun 2015 oleh Redshift Research yang ditugaskan oleh GoDaddy, ditemukan bahwa 59 persen bisnis sangat kecil atau UMKM tidak memiliki website. Tetapi 12 persen memiliki halaman Facebook.

Selain itu, survei yang sama menemukan bahwa 83 persen dari usaha yang disurvei yang memiliki website mengatakan “platform online mereka memberi mereka keunggulan kompetitif atas usaha yang tidak memiliki website.”

Dengan lebih dari 3,5 miliar penelusuran Google yang terjadi setiap hari, maka pelanggan anda dapat berada beberapa detik dari lokasi usaha kecil anda. Dengan adanya website memungkinkan pelanggan potensial untuk mengakses usaha anda dan mempelajari tentang produk serta layanan anda tawarkan 24 jam sehari 7 hari seminggu.

3. Relatabilitas

Kemampuan untuk berhubungan dengan audiens yang ditentukan dan membangun hubungan adalah langkah yang daoat mengubah manfaat dari sebuah website. Dengan menggunakan website anda dapat menceritakan kisah tentang usaha anda untuk memulai hubungan.

Konsumen akan lebih cenderung mengunjungi website anda untuk mempelajari usaha nda daripada mereka mengangkat menelepon. Membalas email dan komentar media sosial adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan dan mempersonalisasi pengalaman usaha kecil anda.

4. Fleksibilitas

Mungkin usaha anda masih membutuhkan materi iklan cetak, tentu memerlukan biaya cukup banyak, terutama ketika perlu diperbarui. Di dunia saat ini, konsumen berharap untuk melihat kampanye pemasaran baru dan informasi secara terus menerus. Dengan adanya website, maka memungkinkan informasi secara demografis, layanan yang ditawarkan, jam kerja, dan harga bisa diedit kapan saja tanpa biaya.

Platform situs web yang mudah digunakan, seperti WordPress, ramah pengguna bahkan dari perangkat seluler dapat dilakukan pembaruan. Sehingga dengan adanya website fleksibilitas untuk menjaga informasi untuk audiens anda akan mendorong hubungan yang kuat dan membuat pelanggan selalu datang kembali.

5. Alat Penjualan Bisnis

Walaupun website melayani banyak tujuan, tetapi tujuan utamanya adalah:

  • Untuk menginformasikan
  • Untuk terlibat
  • Untuk mengubah

Cara paling efektif untuk menggunakan website untuk tujuan ini adalah memberikan informasi berkualitas tinggi, belajar tentang siapa audiens anda, apa yang mereka inginkan, dan membuat informasi penjualan yang membimbing mereka melalui proses penjualan yang jelas. Bahkan dengan adanya website memungkinkan otomatisasi proses penjualan dan penjualan dapat dikonversi pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada metode penjualan tradisional.

6. Ekspansi Pasar

Mungkin awalnya usaha anda dimulai dengan melayani komunitas lokal. Mungkin usaha anda adalah usaha batu bata yang ingin berkembang ke pasar yang lebih besar. Kemampuan untuk memperluas pasar pada UMKM adalah salah satu manfaat yang paling menguntungkan dari website.

Membuat produk atau layanan anda tersedia di seluruh zona waktu dan bahkan di seluruh dunia dapat menumbuhkan bisnis dan pendapatan anda secara eksponensial. Terlepas dari lokasi geografis mereka, orang-orang yang mengunjungi website anda ada di sana karena mereka telah menyatakan minat pada apa yang ditawarkan oleh usaha anda. Gunakan itu untuk keuntungan anda.

7. Analisis website

Kecuali Anda secara khusus meminta setiap pelanggan yang datang melalui pintu anda bagaimana mungkin mereka dapat menemukan anda, anda mungkin tidak mengetahui dari mana asal pelanggan anda atau kampanye pemasaran mana yang berfungsi. Menggunakan website sebagai alat pemasaran dan analitik akan memberikan data waktu nyata tentang hal-hal berikut:

  • Demografi pengunjung website
  • Bagaimana pengunjung menemukan website
  • Jumlah pengunjung bulanan / mingguan / harian ke situs web Anda
  • Halaman website mana yang paling banyak dikunjungi
  • Berapa banyak halaman yang diakses pengunjung per kunjungan
  • Berapa banyak waktu yang mereka habiskan di setiap halaman
  • Seberapa sering pengunjung kembali ke website

Lebih banyak data analitik secara mendalam juga akan tersedia tergantung pada apakah website anda menggunakan iklan bayar per klik atau perangkat lunak pemasaran.

Kesimpulan:

Hari-hari dimana orang mencari di Yellow Pages untuk menemukan bisnis anda sudah tidak berlaku lagi dan merupakan masa lalu. Memiliki website untuk usaha anda adalah “keharusan” di era digital saat ini. Bukan sekedar hanya “memiliki” elemen dalam bisnis. Tanpa adanya website akan menempatkan usaha anda pada kerugian kompetitif.

Jika anda sudah memiliki website untuk usaha kecil anda, tetapi tidak menerima satu atau lebih dari tujuh manfaat ini, mungkin sudah waktunya untuk melakukan penilaian kembali terhadap website anda, sehingga dapat dengan makaimal membantu usaha anda untuk mendapatkan manfaat dari memiliki website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *