Desain sebuah website sebuah perusahaan memilih dampak bagaimana konsumen potensial merasakannya. Dari pilihan warna hingga gaya, elemen yang berbeda ditambahkan untuk menciptakan kesan pertama.

Ini berarti bahwa desain yang buruk – atau kurang bagus, dapat berakibat pengunjung website menutup browsernya. Jadi sebuah desain website dapat memengaruhi strategi pemasaran digital, dan ini terutama yang berkaitan dengan pemasaran konten.

Apa itu pemasaran konten?

Pemasaran konten adalah praktik mempublikasikan konten yang tidak secara langsung sebenarnya mengiklankan produk atau merek perusahaan, tetapi membangkitkan minat pada hal-hal tersebut dengan memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat.

Misalnya, sebuah situs mengenai Home Depot memiliki seluruh bagian di situs mereka yang didedikasikan untuk proyek dan ide desain rumah, di mana mereka memublikasikan panduan dan tutorial untuk membantu pemilik rumah membuat perbaikan sederhana sendiri daripada menyewa kontraktor atau tenaga profesional lainnya.

Sehingga daoat memberikan pemilik rumah informasi yang mereka butuhkan untuk membuat perbaikan sendiri, dan dibagi untuk beberapa ruangan di rumah dan dikategorikan oleh jenis perbaikan, seperti listrik dan pipa.

Meskipun panduan tersebut bukanlah iklan yang sederhana, pengunjung yang membacanya lebih cenderung membeli perlengkapan yang dibutuhkan dari Home Depot, daripada pesaingnya.

Bagaimana desain website memengaruhi pemasaran konten

Meskipun panduan ini terutama didorong oleh konten, desain website juga berdampak pada cara pengguna mengakses dan membacanya.

Aksesibilitas

Salah satu pertimbangan paling penting dalam mendesain situs konten adalah aksesibilitas. Jika Anda mempublikasikan konten informasi di situs Anda, maka harus mudah ditemukan dan dibaca. Jadi navigasi harus dibuat agar memungkinkan pengguna menemukan informasi yang diinginkan, tanpa mengklik halaman konten yang tidak relevan.

Jika pengunjung harus mengakses halaman demi halaman untuk mendapatkan informasi yang mereka cari, mereka akan cenderung menyerah dan mengunjungi situs lain sebagai gantinya. Membuat pengaturan navigasi langsung dengan pilihan menu drop-down adalah cara terbaik untuk membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari dan mengaksesnya dengan cepat.

Tampilan

Pengunjung akan membuat penilaian tentang kualitas dan kepercayaan konten berdasarkan seberapa profesional situs terlihat. Bahkan jika konten mudah ditemukan, desain dapat mengubah pemikiran orang-orang.

Jika situs Anda terlihat usang atau secara visual tidak menarik, pengguna mungkin ragu untuk menganggap sebuah website sebagai sumber daya yang berharga. Jadi sebuah website harus memiliki desain yang bersih yang menggambarkan profesionalisme pemilik website, dan memberikan kepercayaan kepada pengunjung bahwa mereka dapat mempercayai apa yang disarankan saran.

Tulisan

Seiring dengan tampilan situs secara keseluruhan, maka teks juga harus menarik secara visual dan mudah dibaca. Terlalu banyak font bisa terlihat biasa dan tidak profesional, dan biasanya dapat menempel pada satu font untuk judul dan satu lagi untuk body copy.

Memilih font dan warna yang tepat sangat penting untuk membantu pengunjung website membaca dan memahami konten. Anda mungkin mempublikasikan konten yang paling bermanfaat yang tersedia pada topik tertentu, tetapi jika warna font terlalu mirip dengan latar belakang, maka pengunjung mungkin tidak mau repot-repot membacanya.

Salinan tubuh Anda juga perlu bersih dan cukup besar untuk dibaca tanpa perjuangan. Semua detail ini tampak kecil, tetapi dapat berdampak besar pada seberapa efektif strategi pemasaran konten Anda dengan calon pelanggan.

Konten Visual

Banyak orang adalah pelajar visual, dan membutuhkan grafik dan foto untuk sepenuhnya memahami topik dan informasi baru. Ini berarti penting untuk menyertakan visual dengan semua konten Anda.

Misalnya, satu jenis konten online yang populer saat ini adalah video memasak cepat dengan petunjuk dan bahan untuk resep sederhana.

Orang-orang yang menonton video ini belajar bagaimana membuat makanan atau kudapan yang ditampilkan, yang membuatnya lebih mudah bagi mereka ketika mereka memutuskan untuk mencoba resepnya sendiri.

Terlepas dari industri Anda, konten visual seperti foto dan video dapat membantu pelanggan potensial Anda mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana mereka dapat menggunakan produk atau layanan Anda. Dari sudut pandang desain, ini berarti tata letak situs Anda harus berfungsi dengan baik dengan konten visual, dan memudahkan pembaca untuk menggulir foto dan menonton video.

Merancang situs yang ramah konten

Ada banyak elemen desain web yang berbeda dan berperan dalam pemasaran konten, tetapi intinya adalah bahwa sebuah website harus dirancang sesuai dengan pemikiran pengunjung dan pembaca. Semakin mudah bagi pengunjung situs untuk menemukan apa yang mereka cari, maka semakin menyenangkan bagi mereka untuk membaca konten Anda, semakin baik hasil yang akan Anda lihat dari strategi yang sudah diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *